Minggu, 18 Desember 2016

Apa itu Jurusan DKV (Design Komunikasi Visual)?

Jika anda benar-benar suka design dan multimedia, tempat anda adalah jurusan DKV (Design Komunikasi Visual)bukan ke jurusan ilkom/IT. Jurusan ini memang belum sepopuler jurusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika. Tapi disinilah sisi kreatif anda akan diasah. Bisa disebut kalau DKV adalah perpaduan seni design tradisional (pakai kertas dan gambar) dengan teknologi digital.
Di dalam jurusan DKV, akan dikupas habis yang namanya designilustrasifotografianimasidesain webmedia interaktif hingga peyutradaraan film. Yang manarik, dari beberapa rekan2 yang sudah masuk kesini, tidak ada mata kuliah matematikanya.
Salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini adalah ITB. Disini jurusan DKV berada di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain.
“Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku). Yang menarik dari sini adalah seorang sarjana DKV harus bisa mengolah pesan tersebut secara efektif, informatif dan komunikatif.”
“Banyak hal-hal mendasar yang dipelajari di program studi DKV. Mengembangkan bentuk bahasa visual (bermain gambar), mengolah pesan (bermain kata) keduanya untuk tujuan sosial maupun komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada kelompok lainnya. Visual berwujud kreatif dan inovatif, sementara inti pesan harus komunikatif, efisien dan efektif saling mendukung agar tersampaikan dengan baik pada sasaran.”
source : http://www.duniailkom.com/mengenal-jurusan-dkv-design-komunikasi-visual/

Share:

0 komentar:

Posting Komentar